Senin, 12 September 2016

Funsi dan Bagian pada Gitar Listrik

Gitar listrik ialah sejenis gitar yg memanfaatkan sekian banyak pickup buat mengubah bunyi atau getaran dari string gitar jadi arus listrik yg dapat dikuatkan kembali dgn memakai seperangkat amplifier & loud speaker. Nada gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yg tentang kumparan yg ada di tubuh gitar yg biasa dinamakan "pick up". Terkadang sinyal yg ke luar dari pickup diubah dengan cara elektronik bersama gitar effect yang merupakan reverb maupun distorsi.

Gitar listrik  IBANEZ RG 2550 Z


Gitar listrik mula-mula dimanfaatkan oleh gitaris-gitaris jazz yg menggunakan amplifier hollow bodied buat meraih nada yg lebih agung. Gitar listrik yg mula-mula yaitu gitar hollow bodied bersama pickup baja yg dibuat oleh pabrikan Rickenbacker kepada thn 1931. Gitar listrik yakni instrumen kunci dalam perkembangan musik yg muncul sejak 1940, termasuk juga Chicago Blues, rock and roll & blues rock 1962.

Sejarah :

Kebutuhan akan gitar dengan suara yang kuat semakin konkret di era big band, ditandai dengan semakin berkembangnya orkestra-orkestra jazz di tahun 1930 serta 1940.

Tahun-tahun permulaan :

Gitar listrik awalnya didisain oleh Produsen gitar, pencinta elektronika serta orisinil pabrik alat-indera musik.Inovator gitar Les Paul mengadaptasi instrumen hollow bodied dengan menggunakan tungsten pickup, gitar jenis ini mulai diproduksi sang Electro String Instrument Corporation di tahun 1932. Disain pertama mereka dirancang oleh Harry Watson, seorang ahli yg bekerja di Electro String Company.Gitar baru tadi dinamai "Rickenbacker" sang perusahaan dan  menjadi yg pertama pada jenisnya. Dokumentasi pertama penampilan menggunakan gitar listrik adalah tahun 1932 sang seorang gitaris dan  bandleader Gage Brewer. Brewew mempublikasikan instrumen barunya pada sebuah artikel pada Wichita Beacon pada 2 oktober 1932 dan  terus tampil pada bulan tadi. Perekaman pertama dengan gitar listrik dibuat oleh pemain-pemain Hawaiian Style mirip Andy Iola di athun baru 1933. Alvino Rey adalah artis yg membawa instrumen ini ke penikmat yg lebih luas dalam suatu settingan orkestra akbar, lalu membuatkan gitar menggunakan pedal besi untuk Gibson Ediie Durham memperkenalkan instrumen gitar listrik spanish pada seseorang pemuda yang bernama Charlie Christian yang menghasilkan instrumen tadi populer pada bepergian hidupnya dan  secara awam dikenal menjadi gitar listrik pertama serta jua membawa imbas yang besar  ke dalam musik jazz sampai dasa warsa selanjutnya. Perekaman pertama gitar listrik spanish ialah pada Dallas September 1939, pada sebuah session sang Roy Newman and His Boys sebuah band Western Swing. Oleh gitaris Jim Boyd memakai gitar listriknya sepanjang perekaman 3 buah lagu galat satunya "Corrine, Corrina". Awal-awalnya orisinil pabrik gitar meliputi : Rickenbacker pada tahun 1932, Dobro tahun 1933, National, Audio Vox dan  Volu-Ton tahun 1934, Vega, Epiphone, dan  Gibson tahun 1936, serta banyak lagi Sejak tahun  1936. Versi instrumen yang paling dikenali waktu ini adalah Solid Bodied Electric Guitar atau gitar listrik berbodi padat, yang terbuat berasal kayu padat tanpa ruang udara di bodinya. Rickenbacker menawarkan sebuah gitar listrik dengan cetakan aluminium yg dijuluki The Frying Pan atau The Pancake Guitar. Dikembangkan tahun 1931 dan  mulai diproduksi dimusim semi 1932, gitar ini membentuk suara yang terbaru serta proaktif. Perusahaan Audio Vox membuat dan  mungkin sudah menawarkan gitar solid body pada pertengahan 1930. Sebuah gitar padat lainnya didisain sang seseorang musisi dan  penemu Les Paul di awal 1940, dia bekerja paruh waktu pada Epiphone Guitar. Gitar Log Guitarnya sudah dipatenkan serta tak jarang dianggap menjadi yg pertama pada jenisnya.

Fender :

Th 1946 seseorang tukang servis radio & perakit amplifier Clarence Leonidas Fender yg lebih dikenal bersama Leo Fender mendisain gitar solid bodi perdana yg berhasil dengan cara comersial bersama suatu pickup magnetik yg dikasih nama Esquire. Esquire version dua pickup dinamakan Broadcaster. Gretcsch serta memiliki drumset yg dijual dgn nama yg serupa "Broadkaster", maka Fender ganti namanya jadi Telecaster. Thn 1954 Fender mengenalkan Fender Stratocaster atau Strat. Stratocaster nampak lebih mewah & menampilkan beraneka perbaikan & inovasi melebihi Telecaster. Fender mengenalkan satu buah gitar bass elektrik yg disebut Fender Precision Bass terhadap thn 1951 hingga 2012

Vox :

Terhadap th 1962, Vox memperkenalkan Gitar sisi enam "Phantom", aslinya dibuat di Inggris tetapi sesudahnya diproduksi oleh Alter EKO dari Italia. Setahun setelah itu diikuti oleh tear-drop shaped Mark VI, prototip yg diperlukan oleh Brian Jones dari The Rolling Stones & selanjutnya Jhonny Thunders dari New York Dolls. Terhadap th 1960 kala gitar elektrik 12 string sejak mulai ternama, Vox memperkenalkan Panthom XII & Mark XII. Vox serta memroduksi model tradisional lain dari 6 string & 12 string baik di Inggris ataupun Italia.

Konstruksi :

Konstruksi gitar listrik terdiri dari tidak sedikit variasi,ditinjau dari material yg difungsikan utk bodi gitar, wujud potongan bodi & peletakan neck, bridge, & pickup ada sekian banyak feature dijumpai nyaris di seluruhnya jenis gitar : Headstock; berisikan nmachine head yg diperlukan buat tuning gitar, nut; berupa potongan logam atau plastik slim panjang juga sebagai penopang senar sebelum lewat fretboard/ fingerboard, machine head; berupa gear cacing yg sanggup diputar atau digerakkan dalam mengatur ketegangan senar utk mendapati suara, fret; berupa potongan logam slim yg sebahagian ditanamkan ke fretboard, berfungsi perhentian senar selama senar ditekankan ke fretboard buat mendapati suara yg di harapkan. Neck & fretboard; memanjang dari nut hingga ke bodi gitar & di neck joint, neck dilem atau dibaut ke bodi gitar,bodi; terbuat dari kayu keras yg divernis & diwarnai, tapi sekian banyak bodi gitar terbuat dari polikarbonat & material yang lain, pickup; umumnya berupa pickup magnetik, knop kontrol; berupa potensiometer buat volume & tone, bridge konsisten di sekian banyak gitar, bridge tak masih dinamakan tremolo system digunakan sbg pengganti mengizinkan pemain utk membelokkan suara & pun menampilkan dampak vibrato terhadap permainan gitarnya.

Pickup :

umumnya merupakan pickup magnetik Dibandingkan dengan gitar akustik yang mempunyai hollow bodi, gitar listrik membuat bunyi yg sangat kecil, sehingga sebuah gitar listrik wajib  disambugkan menggunakan sebuah amplifier buat menguatkan suaranya. Waktu senar dipetik getaran senar akan menimbulkan arus yang sangat kecil di dalam pickup magnetik (berupa magnet yang dililit menggunakan kumparan dawai wayar. Arus ini lalu diteruskan ke amplifier menggunakan sebuah kabel.

Tremolo Arm :

Beberapa Gitar Listrik memakai tremolo arm (kadang diklaim whammy bar atau vibrato bar serta tak jarang disingkat dengan trem),berupa sebuah tuas yang dihubungkan menggunakan bridge tidak permanen buat mengendurkan serta menegangkan senar secara temporal, buat membarui nada dan  menghasilkan vibrasi atau efek portamento. Awalnya sistem tremolo mulai diragukan dan  menybabkan gitar mudah out of tune dan  pula mempunyai keterbatasan nada. Fender lalu mendisain tremolo yg lebih baik, tapi Fender menahan hak patennya, sehingga orisinil pabrik-orisinil pabrik lain permanen menggunakan sistem yg lama  . Dengan berakhirnya hak paten Fender dengan jenis Stratocaster tremolo, berbagai pemugaran-pemugaran jenis ini dilakukan secara internal,sistem multi spring tremolo akhirnya keluar. Floyd Rose memperkenalkan galat satu perubahan pertama sistem vibrato waktu pada akhir 1970 ia mulai bereksperimen dengan "locking" nut serta bridge yang bekerja buat menjaga tune gitar bahkan menggunakan whammy bar akrobatik yg berat sekalipun.

Gitar Effect :

Gitar listrik  IBANEZ RG 2550 Z


sementara besarnya bunyi gitar akustik bergantung pada getaran bodinya yg diperlengkapi menggunakan ruang udara, besarnya suara sebuah gitar listrik bergantung di induksi sinyal listrik magnetik yg disebabkan sang senar logam yang dekat ke pickup. Signal tadi dibentuk dalam alurnya menuju ke sebuah aplifiermenggunakan seperangkat sound effect buat memodifikasi nada dan  karakteristik signal. Sirkuit pembentukan bunyi yang paling awam adalah berupa kontrol volume, gain serta tone serta saklar pickup selektor yg ditemui hampir pada semua jenis gitar listrik. Tahun 1960 beberapa gitaris mulai mengeksplorasi sebuah cakupan yang lebih luas dalam dampak penadaan dengan mendistorsikan bunyi, dengan menambahkan gain dan  volume asal preamplifier yang membentuk bunyi yg samar (fuzzy). Impak ini dianggap "clipping" oleh ahli suara karena waktu ditampilkan dengan osiloskop, bentuk gelombang signal yg didistorsi terlihat terpotong di puncaknya. Ini bukan sebuah perkembangan baru di instrumen, akan tetapi menghadirkan sedikit pergeseran pada estetika. Tahun 1960 rona-warna penadaan di gitar listrik selanjutnya dimodifikasi menggunakan mengenalkan sebuah effect box dalam alur signal, dibangun pada sebuah casis logam menggunakan saklar on/of menggunakan kaki. Tampaknya stomp box sudah menjadi bagian krusial dalam banyak genre musik. Secara tipikal sound imbas meliputi stereo chorus, fuzz, wah-wah, flanging, compression/ sustain, delay, reverb serta phase shift. Tidak seluruh gitar impak berupa elektrnik tahun 1967, Jimmy page asal The Yardbird dan  Led Zepelin membentuk psychedelic sound effect menggunakan memainkan gitar dengan sebuah penggesek biola serta memukul senar menggunakan penggesek tadi. Tahun 1980 dan  1990, effect digital dan  sotware effect mulai mampu mereplikasi effect analog. Efect digital ini mencoba bunyi yang dihasilkan effect analog dengan buat memvariasikan derajat kualitasnya. Begitu banyak program personal komputer  buat efect gitar mampu didownloud secara gratis via internet. Kini   dengan memakai sebuah soundcard sebuah komputer mampu dipergunakan menjadi sebuah effect gitar digital. Tapi walau effect digital dan  software effect poly memberi laba, poly gitaris masih menggunakan effect analog.

0 komentar

Posting Komentar