Minggu, 11 September 2016

Funsi dan Bagian pada Gitar Akustik

Gitar akustik adalah jenis gitar pada mana bunyi yang dihasilkan berasal asal getaran senar gitar yg dialirkan melalui sadel dan  jembatan daerah pengikat senar ke pada ruang suara. Bunyi pada dalam ruang bunyi ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis serta kualitas kayu dan  jenis senar yang digunakan akan memengaruhi bunyi yang dihasilkan sang gitar akustik.

spesifikasi gitar Alhambra 3 C CW E-1


Karateristik :


  1. Bunyi senar diperkuat oleh bagian resonansi.
  2. Gitar akustik mempunyai enam senar. Namun beberapa gitar memiliki tujuh senar atau lebih.
  3. Beberapa gitar memakai senar yg terbuat asal nilon dan  yang lainnya terbuat berasal baja. Gitar yang menggunakan senar nilon sering juga pada sebut sebagai gitar klasik
  4. seluruh bagian gitar terbuat asal kayu. Hal ini tentunya membentuk suara gitar menjadi lebih bertenaga dan  lebih baik.

Bagian-bagian pada Gitar Akustik :

  1. Headstock (kepala)
  2. Nut
  3. Alat Pemutar
  4. Frets
  5. Neck (Leher)
  6. Heel (Penghubung)
  7. Badan Gitar
  8. Bridge
  9. Bagian Belakang
  10. Soundboard (Bagian Penghasil Suara / kotak resonansi)
  11. Bagian Sisi (Samping)
  12. Lubang suara
  13. Senar 
  14. Saddle
  15. Fretboard (Fingerboard)
Alat Pemetik (Pick) : 

Sebuah "Pemetik (Pick)" atau "plectrum" adalah sebuah indera berasal bahan keras umumnya diletakkan antara ibu jari serta jari telunjuk dari tangan dipergunakan buat "memetik" senar. Meskipun pemain klasik memetik menggunakan kombinasi kuku serta ujung jari , memetik pula sering dipergunakan untuk gitar akustik listrik . Meskipun ketika ini bahan yg paling sering digunakan plastik, sbenarnya poly variasi yg ada, mirip tulang, kayu, baja atau cangkang kura-kura. Picks terdapat dalam banyak sekali bentuk dan  ukuran. Pick bervariasi berasal yang kecil hingga yang besar . Ketebalan memetik sering memilih penggunaannya. Sebuah pick tipis (antara 0,dua dan  0,5 mm) umumnya dipergunakan buat memetik atau memainkan irama (melodi), dan  yang lebih tebal (antara 0,7 serta 1,lima + mm). Poly alat yg dibuat menjadi pengganti pick. Banyak orang yang memakai kartu yang relatif keras yang lalu dibuat sesuai asa.

Chord Gitar :

Bagi seseorang pemula chord gitar adalah dasar primer yg harus pada pahami. Chord gitar terdiri berasal banyak sekali macam jenis namun yang paling seringkali dimainkan oleh pemula adalah chord mayor dan  minor. Ke 2 chord ini merupakan dasar utama yg wajib  dikuasai oleh pemula. Chord mayor lebih bernada gembira sedangkan chord minor lebih ke nada duka. Dengan berpatokan di hal tadi dapat dipergunakan menjadi penanda waktu sedang mendengarkan sebuah lagu. Seorang Gitaris Pemula dapat memainkan lagu ketika sudah mahir dalam aneka macam chord menggunakan pola progresi tertentu.Pola Progresi dasar yg dianjurkan kepada pemula ialah pola I-IV-V. Menggunakan pola ini bisa dicermati pada tangga nada dasar C D E F G A maka sesuai urutannya chord yang dimaksud ialah C = I , F = IV serta G = V . Menggunakan menggunakan dasar tersebut seseorang gitaris bisa memainkan banyak sekali macam lagu.

0 komentar

Poskan Komentar