Sabtu, 16 Juli 2016

Asal Usul Dan Sejarah Gitar Akustik dan Gitar Elektrik

Asal Usul Dan Sejarah Gitar Akustik dan Gitar Elektrik
macam macam gitar

Asal Usul Dan Sejarah Gitar Akustik dan Gitar Elektrik. gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dapat dimainkan dengan cara dipetik, pada umumnya dapat menggunakan jari ataupun plektrum. Gitar terbentuk dari sebuah bagian tubuh untuk suara dan bagian leher tempat untuk menaruh senar yang pada umumnya berjumlah enam senar.  Secara tradisional gitar dibentuk dari berbagai macam kayu dengan senar yang terbuat dari bahan nilon maupun kawat baja. Beberapa gitar yang modern terbuat dari bahan polikarbonat. secara umum gitar terbagi menjadi dua jenis : gitar elektrik dan gitar akustik.

Gitar akustik adalah jenis gitar yang dimana suara dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan dan tempat pengikat senar dari dalam ruang suara. Suara didalam ruang suara akan beresonasi terhadap kayu dari bahan gitar. jenis dan kualitas kayu serta senar dapat mempengaruhi suara yang dihasilkan.
Gitar akustik dengan bagian badan yang berlubang. telah digunakan selama ratusan tahun. terdapat tiga jenis gitar akustik modern : Gitar akustik senar nilon, Gitar akustik senar baja dan gitar archtop. pada umumnya gitar akustik dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

karakteristik Gitar Akustik

  1. Suara senar diperkuat oleh bagian resonansi.
  2. Beberapa gitar menggunakan senar yang berbahan nilon dan kawat baja. Gitar yang menggunakan senar nilon sering disebut dengan gitar klasik.
  3. Gitar akustik mempunyai enam senar. tetapi ada pula gitar yang mempunyai tujuh senar maupun lebih.
  4. Seluruh bagian gitar terbuat dari bahan kayu. hal ini salah satu yang membuat suara yang dihasilkan dari gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik.


Gitar Listrik adalah jenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk mengubah bunyi atau dari string untuk menjadi arus listrik yang dapat dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara yang dihasilkan oleh gitar listrik mengenai kumparan yang berada di badan gitar yang sering disebut "pick up".
Gitar listrik pertama dipakai oleh seorang gitaris aliran jazz yang menggunakan amplifier hollow bodied untuk mendapatkan suara yang lebih besar.gitaris Gitar listrik pertama kali adalah hollow bodied dengan pickup baja yang dibuat oleh pabrik Rickenbacker pada tahun 1931. Gitar listrik adalah instrumen kunci dalam perkembangan musik yang lahir sejak tahun 1940. Termasuk Chicago blues, Rock and Roll dan blues rock 1962.

Sejarah Gitar

Kata Gitar pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kita di daerah persia sekitar tahun 1500 SM yang sikenal sebagai citar atau Sehtar. alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam bentuk Gitar yang dikenal dengan nama umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur persia dikembangkan oleh bangsa yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa romawi (Below, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawah oleh orang romawi ke spanyol dan berubah menjadi Guitarra Latina untuk memainkan akor dan guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi. Tiga abad kemudian bangsa arab membawa seperti gitar gambus yang orang arab menyebutnya al ud ke spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi ud arab dan kedua model gitar dari romawi tersebut. bangsa spanyol kemudian membuat alat musik sendiri yang diberi nama vihuela. Vihuela menjadi sangat populer di spanyol sementar alat musik yang dahulu berlahan mulai ditinggalkan. Meskipun demikian al ud diterima sangat baik oleh orang-orang eropa bagian barat dan menyaingi popularitas vihuela di spanyol. Di eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai macam model di eropa hingga akhir abad ke 17. Sementara itu vihuela terus berkembang menjadi berbagai macam gitar selama ber abad-abad hingga menjadi gitar klasik yang kita gunakan sampai saat ini.

Untuk keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli mengatakan kalau alat musik ini berasal dari benua afrika, dimana banyak sekali replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan gut/benang sutera, Para ahli juga menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief batu tua di zaman asia tenggara dan Asia Kuno. Pada pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas yunani kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat musik pertama yang digolongkan sebagai Gitar. kemungkinan Gitar modern berasal dari spanyol, Tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen yang dapat kita saksikan dilukisan lukisan pada zaman medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat di seluruh eropa.

Jenis Gitar
Gitar dibedakan atas Gitar Elektrik dan Gitar Akustik.

1. Gitar Akustik

Gitar Akustik
Gitar Akustik
Gitar Akustik mempunyai bagian badan yang berlubang (Hollow Body) dan dapat menghasilkan suara yang cukup keras tanpa perlu penguat elektrik. Bunyi yang dikeluarkan oleh Gitar Akustik dihasilkan dari getaran senar yang mengalir antara tulang leher (Nut) dengan jembatan (Bridge) lalu diperkuat lagi oleh bagian badan gitar yang bertindak sebagai lubang resonansi.

Pada umumnya lubang Resonansi berupa lubang yang berbentuk lingkaran terletak di antara badan gitar tersebut. Tetapi seiring perkembangan jaman dan tuntutan estetika lubang resonansi tidak hanya berbentuk lingkaran, tetapi juga bisa divariasi seperti mengambil karakter kanji (China dan Japan)

Gitar Akustik dikelompokan menjadi beberapa :

  1. Gitar Senar-Baja, Termasuk Gitar puncak-datar dan gitar folk
  2. Gitar Senar-nilon, Termasuk Gitar Klasik dan Gitar Flamenco
  3. Gitar diabelas-senar
  4. Gitar archtop


pengelompokan jenis gitar akustik yang mempunyai kemampuan tingkat jangkauang nada yang berbeda, seperti gitar bass akustik yang mempunyai setem yang sama dengan gitar bass elektrik.

2. Gitar Elektrik

Gitar Elektrik
Gitar Elektrik
Gitar Elektrik adalah gitar yang dirancang agar suara yang dihasilkan dapat diperkuat secara elektrik dan jika gitar elektrik dimainkan tanpa penguat akan mengkasilkan suara yang lemah. Komponen utama pada gitar elektrik adalah pickup. pick up Elektromagnetik menangkap dan dapat mengubah getaran senar ke dalam bentuk sinyal, lalu kemudian diteruskan ke pengeras suara melalui medium kabel dan gelombang radio. Seringkali suara yang dihasilkan oleh gitar Elektrik dimanipulasi sedemikian rupa menggunakan perantara elektrik tambahan maupun distorsi alami dari tabung vakun kedalam pengeras suara. Terdapat dua jenis pickup magnetik, yaitu pickup kumparan tunggal (single coil) dan pickup kumparan ganda (Double coil atau humbucker), Dimana setiap pickup dapat diatur aktif maupun pasif. Pickup pertama kali digunakan pada gitar dikembangkan oleh george Beauchamp pada tahun 1931. dimana saatu itu masih menggunakan badan gitar yang memiliki lubang (hollow-body). Setelah perang dunia ke 2 , barulah gitar elektrik berbadan padat (Solid-body). Dipopulerkan oleh Gibson yang bekerjasama dengan Leo Fender dan Les Paul yang bekerja secara Independen.

Terdapat beberapa model Gitar elektrik yang menggunakan pickup piezoelektrik, yang berfungsi untuk transduser untuk menghasilkan suara yang mirip dengan gitar akustik. dan Terdapat pula gitar yang mengkombinasikan pickup magnetik dan pickup plezoelektrik yang bernama (Hybrid Guitars).

Konstruksi Gitar

Tubuh Gitar terdiri dari tiga bagian yaitu Kepala, Leher, dan Badan. Pada bagian kepala terdapat penala dawai. Dawai Gitar yang berjumlah enam senar masing-masing diikat pada enam buah ikatan yang merupakan salah satu dari mesin penala. Bagian muka leher yang masuk sekitar seperempat papan muka dari badan gitar, merupakan papan jari yang mempunyai 19 pembatas dari logam yang kita kenal dengan sebutan fret. yang berfungsi untuk membuat tingkat ketinggian nada yang berbeda dengan menempatkan jari kita pada salah satu fret. Untuk bagian badan gitar berfungsi sebagai tabung resonator untuk memperbesar bunyi yang dihasilkan oleh gitar tersebut. papan muka pada gitar terbuat dari bahan yang relatif tipis dibandingkan pada bagian samping dan belakan. Pada papan suara terdapat lubang suara untuk mengeluarkan suara yang dihasilkan oleh gitar saat kita petik. pada dasarnya bunyi gitar dihasilkan oleh getaran dawai-dawai yang terbentang diantara batang penyanggah dawai yang merupakan pembatas antara kepala dan leher (Nut) dengan gading pembatas (Bridge) pada pangkal pengikat dawa diatas papan suara (Base).

0 komentar

Poskan Komentar